PUSPIPTEK

Menteri Bambang Brodjonegoro Resmikan Wahana Edutainment “Agro PUSPIPTEK”

Tangerang Selatan (30/08/2020) – Sebagai bentuk komitmen untuk mengembangkan inovasi di bidang sains dan teknologi serta peran dan tanggung jawab untuk mendesiminasikan Iptek kepada seluruh lapisan masyarakat, Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) merevitalisasi dan mengembangkan lahan seluas 7,56 hektar sebagai Agro PUSPIPTEK.

Agro PUPIPTEK diresmikan secara langsung oleh Bambang Brodjonegoro selaku Menteri Ristek dan Teknologi / Ka. Badan Riset dan Inovasi Nasional dan didampingi oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Plt. Sekretaris Menteri Riset dan Teknologi / Sekretaris Utama BRIN Mego Pinandito, serta Plt. Kepala PUSPIPTEK Sri Setiawati, Minggu (30/08).

Menristek/Ka. BRIN sangat mengapresiasi adanya wahana Agro PUSPIPTEK karena dianggap mampu menjadi sarana edutainment bagi masyarakat Indonesia. Selain itu Menteri Bambang sangat mengapresiasi dibukanya Agro PUSPIPTEK dan berharap hal ini dapat menumbuhkan minat riset pada anak sejak dini.

“Saya berharap dengan dibukanya Taman Agro PUSPIPTEK dapat menumbuhkan minat riset sejak dini pada anak-anak Indonesia. Saya juga meminta agar Taman Agro PUSPIPTEK terus dikembangkan, khususnya upgrade terkait bidang riset tanpa melupakan unsur keamanan,” ujar Menteri Bambang.

Adapun pesan dari Menteri Bambang agar Agro PUSPIPTEK harus terus berkembang dan selalu update dan upgrade.

“Pengembangan ini juga tidak boleh statis, namun harus selalu update dan upgrade. Jika ada teknologi peternakan baru, harus segera diperkenalkan,” ucap Menteri Bambang.

Selain itu, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany juga turut memberikan sambutan. Dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada PUSPIPTEK karena telah menghadirkan pusat edutainment bagi masyarakat Tangerang Selatan.

“Saya lihat ada banyak spot -spot instagramable, tapi karena masih PSBB tempat wisata meski sudah dibuka untuk umum, namun harus mengikuti protokol kesehatan. Masyarakat, khususnya anak-anak sudah jenuh dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), Agrowisata ini sebagai alternatif pendidikan yang dapat dibagi secara berkelompok untuk melakukan inovasi belajar mengajar saat ini,” ujar Airin.

Sri Setiawati selaku Plt. Kepala PUSPIPTEK menyebutkan wahana edukasi yang berada di Agro PUSPIPTEK diantaranya yaitu Botanical Expo, bangunan tersebut akan diperuntukan sebagai ruang pamer hasil inovasi di bidang pertanian, peternakan serta pangan dari Kawasan PUSPIPTEK. Selain itu, tempat tersebut dapat digunakan sebagai co-working space dan gedung serba guna. Wahana yang kedua adalah Cluster Herbal, wahana tersebut diperuntukan sebagai display bibit tanaman koleksi serta tanaman obat-obatan yang dibudidayakan di Agropolitan. Ketiga adalah Wahana Edutainment, wahana tersebut berisikan berbagai permainan yang bersifat edukatif. Adapun dalam wahana tersebut kita menyediakan sky bike, tree house, big swing, dan tree shelter. Keempat adalah wahana pengolahan kompos dari sampah daun di Kawasan PUSPIPTEK, tempat edukasi peternakan sapi dan kambing serta fasilitas biogas yang berasal dari kotoran sapi di Kawasan Agro PUSPIPTEK. Ketujuh adalah tempat edukasi pembibitan tanaman koleksi, edutainment pertanian dan perikanan untuk anak-anak. Terakhir kita menyediakan rumah edukasi fauna dan flora.

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK)