PUSPIPTEK

PUSPIPTEK Menyerahkan Produk Hasil Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19 Kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan

 

Tangerang Selatan (15/5/2020) – Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) menyerahkan produk hasil konsorsium riset dan inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Jumat (15/5). Produk hasil konsorsium ini diserahkan langsung oleh Sri Setiawati selaku Kepala PUSPIPTEK dan diterima langsung oleh Benyamin Davnie yang merupakan Wali Kota Tangerang Selatan. Acara penyerahan ini bertempat di Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan.

Beberapa produk yang diserahkan berupa Ozone Chamber yang merupakan produk yang dikembangkan LIPI dan ITB, Mobile Handwhaser sebanyak 5 unit dan Retractable face shield sebanyak 300 buah dimana merupakan produk inovasi dari BPPT. Mobile hand washer yang dikembangkan oleh BPPT ini berbahan tangki toren berkapasitas 300 liter, besi siku, pipa, selang, keran, wastafel, sabun, tempat tisu, dan tempat sampah. Masyarakat juga dapat membuat unit mobile hand washer ini sehingga mereka dapat secara rutin mencuci tangan di tempat padat penduduk. Sedangkan Retractable face shield yang dikembangkan oleh BPPT ini merupakan face shield dibuat dari material aman berbahan dasar PP dan PET dengan food/medical grade dan antifogging sehingga tidak menimbulkan pengembunan saat digunakan.  Untuk Ozone Chamber yang dikembangkan LIPI dan ITB ini berbahan ozone nano bubble water sehingga aman digunakan.

Sri Setiawati menjelaskan penyerahan produk hasil konsorsium riset dan Inovasi COVID-19 ini merupakan tindak lanjut dari acara Penyambutan Tenaga Medis COVID-19 di Wisma Tamu (29/05), dimana Menristek/BRIN berjanji kepada Wali Kota Tangerang Selatan untuk membantu penanganan COVID-19 di Tangerang Selatan dengan memberikan beberapa produk inovasi dan teknologi inovasi anak bangsa.

Selain itu, Kepala PUSPIPTEK menyampaikan bahwa disetiap musibah pasti akan ada hikmanya dan wabah yang terjadi saat ini menggerakkan kita untuk terus mengembangkan inovasi dan teknologi bagi kesejateraan umat manusia. Sri Setiawati juga berharap agar wabah ini akan cepat berakhir dan kedepannya akan membuat masyarakat lebih peduli terhadap kesehatan.

“Ini bukan barang biasa karena barang ini merupakan inovasi teknologi yang dikembangkan oleh anak negeri. Dan untuk kedepannya akan terus dikembangkan produk lainnya” ujar Sri Setiawati.

Benyamin Davnie menyambut dangan baik dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PUSPIPTEK dan Kemenristek/BRIN yang telah memberikan produk yang memang sangat dibutuhkan oleh Pemkot Tangerang Selatan dalam menghadapi COVID-19. Beliau berencana untuk memasang Mobile Handwasher di RSUD Tangerang Selatan. Benyamine juga menyampaikan harapannya kepada masyarakat untuk disiplin menjaga kebersihan diri agar penyebaran COVID-19 di Tangerang Selatan tidak terus bertambah.

“Produk-produk ini pastinya akan berguna untuk seterusnya, tidak hanya untuk sekarang ini saja akan tetapi seusai pandemik ini berakhir akan tetap bisa dipergunakan” ujar Benyamine.

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK-EFL)