PUSPIPTEK

Sosialisasi Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19)

 

Tangerang Selatan (20/03/2020), Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) mengadakan sosialisasi pencegahan Corona Virus Disease yang biasa dikenal dengan COVID-19. Acara diikuti oleh seluruh pegawai PUSIPTEK dan diadakan selama 2 hari yaitu pada 18-19 Maret 2020.  Beberapa tempat dipilih untuk menjadai acara sosialisasi diantaranya yaitu Ruang Auditorium Pusat Informasi, Gedung Penjernihan Air Bersih PUSPIPTEK, Wisma Tamu PUSPIPTEK, Gedung TBIC, Kebun Botani, dan Wisma Tamu PUSPIPTEK.

Namun demikian, aktivitas sosialisasi ini tetap menganut asas social distancing dimana antar pegawai selalu menjaga jarak sejauh 1 sampai dengan 2 meter. Selain itu setiap pegawai tidak melakukan kontak fisik seperti berjabat tangan dan selalu menjaga kebersihan.

Ada 3 narasumber yang mengisi acara tersebut diantaranya yaitu dr. Esti Retiawati, drg. Jholanda Ninggar Bahtria, dan dr. Swietania Prima Lutfie. Narasumber mejelaskan secara langsung kepada pegawai PUSPIPTEK mengenai cara penyebaran sampai dengan pencegahan COVID-19.

“Penularan corona melalui droplet dan tidak menginfeksi melalui udara, namun dapat tetap hidup pada benda mati. Jangan sampai kita menjadi carrier (Red: pembawa virus) dan menularkan virus kepada orang yang mempunyai imunitas rendah,” ujar drg. Jholanda.

Narasumber juga menghimbau kepada seluruh pegawai agar melakukan social distancing dimana menjaga jarak 1 s.d. 2 meter dengan orang lain, memakai masker di tempat umum, sering mencuci tangan, melakukan etika batuk/bersin, dan tidak memegang area muka seperti hidung, mulut, maupun mata.

“Jika tidak membawa sapu tangan, tutup dengan lengan baju bagian atas apabila ingin batuk atau bersin,” imbuh drg. Jholanda mengenai etika batuk/bersin.

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK/EFL)