PUSPIPTEK

TIM MEDIS PENANGANAN COVID-19 KOTA TANGERANG SELATAN TIBA DI WISMA TAMU PUSPIPTEK

 

Tangerang Selatan (23/04/2020) – Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap tenaga kesehatan yang harus berjuang mengatasi COVID-19 di rumah sakit, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK) sebagai pengelola wisma tamu menyiapkan fasilitas berupa  93 kamar tidur tipe deluxe dan superor, konsumsi, alat penunjang dekontaminasi virus serta ruang diskusi bagi para tenaga medis wilayah Kota Tangerang Selatan selama masa tanggap darurat sampai dengan tanggal 29 Mei 2020.

Tenaga kesehatan yang akan menginap di Wisma Tamu Puspiptek sebanyak 185 orang ini adalah tenaga kesehatan yang merawat pasien COVID-19 pada rumah sakit di wilayah Kota Tangerang Selatan, yaitu antara lain rumah sakit Eka Hospital,  Sari Asih Ciputat, Permata Pamulang, Syarif Hidayatullah, Medika BSD, PKM Pondok Kacang Timur dan Aria Sentra Medika.

Kedatangan tenaga kesehatan didampingi  oleh Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany  dan diterima oleh Menteri Riset dan teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang PS Brodjonegoro secara live streaming melalui virtual conference mengingat kondisi yang mengharuskan untuk tetap menjaga physical distancing dan menghindari kerumunan.

Hadir langsung di wisma tamu Puspiptek, Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Sri Setiawati beserta pejabat struktural PUSPIPTEK sebagai salah satu bentuk ungkapan penghargaan dan terima kasih dari pemerintah atas dedikasi dan ketulusan para tenaga kesehatan dalam merawat pasien yang terinfeksi COVID -19.

Wali Kota Tangerang Selatan menyambut baik dan mengapresiasi bantuan yang diberikan oleh Kementerian Ristek/BRIN. Airin Rachmi Diany menyampaikan bahwa Wisma Tamu PUSPIPTEK bisa menjadi salah satu solusi bagi pemerintah kota untuk para tenaga medis agar bisa beristirahat dengan nyaman sebelum kembali berkumpul dengan keluarga maupun kembali bekerja.

Alihfungsi fasilitas wisma tamu puspiptek sebagai tempat peristirahatan tenaga kesehatan ini merupakan salah satu bagian dari program konsorsium riset dan inovasi COVID-19 Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional untuk  mencegah, mendeteksi, dan merespon secara cepat penyakit COVID-19.

 

(teks/foto : Humas PUSPIPTEK/EFL-MO)